Pengertian Sistem cerdas
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligent, AI) telah menjadi wacana
umum yang sangat penting dan banyak dijumpai. Kecerdasan Buatan atau
Sistem cerdas atau Intelegensi Buatan atau Artificial Inteligence
merupakan cabang terpenting dalam dunia komputer. Komputer tidah hanya
alat untuk menghitung, tetapi diharapkan dapat diberdayakan untuk
mengerjakan segala sesuatu yang bias dikerjakan oleh manusia. Manusia
mempunyai pengetahuan, pengalaman dan kemampuan penalaran dengan baik,
agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer
juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar.
Sejarah kecerdasan buatan
Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol yang bernama Torres Y
Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat mengskakmat raja laannya dengan
sebuah raja dan ratu.
Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai ditemukannya komputer digital.
* Pada tahun 1950-an Alan Turing seorang matematikawan dari
Inggris. Pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bias tidaknya
sebuah mesin dikatakan cerdas(dikenal dengan Turing Test) seolah-olah
mesin mampu merespon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan.
* Istilah kecerdasan buatan dimunculkan pertama kali pada tahun 1956
ketika John Mc Cathy dari Massachusets Institute of Technology (MIT)
menciptakan bahasa pemrograman LISP
* Loghic Theorist (1956), diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
* Mesin Neural Network pertama oleh Marvin Minsky (1958)
* Sad Sam, deprogram oleh Robert K. Lindsay (1960), program ini
dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa
Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang didengar
dalam sebuah percakapn.
* Muncul logika samar (1965) yang merupakan pelaksanaan konsep samar
di atas system komputer. Logika samar mengukur ketidaktepatan dengan
cara yang tepat, seperti yang diperlukan mesin.
* ELIZA (1967), diprogram oleh Joseph Weizenbaum, yang mampu
melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.
* Program Microworld dengan penciptaan proyek SHRDLU (1968) merupakan Expert System yang pertama.
* Pada tahun 1972 bahasa Prolog dimunculkan.
* John Holland (1975) mengatakan bahwa setiap problem berbentuk
adaptasi (alami maupun buatan) secara umum dapat diformulasikan dalam
terminologi genetika (Algoritma Genetika) .
* Sistem catur AI mengalahkan manusia (Pecatur master) pada tahun 1991.
* Robotik, peranti mekanika yang diprogram untuk melakukan berbagai tugas.
Definisi Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan adalah ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin
mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas”
(John Mc Cathy, 1956)
Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi
yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal –
yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas. (H.A Simon, 1987)
Kecerdasan merupakan bagian kemampuan komputasi untuk mencapai tujuan
dalam dunia. Ada bermacam-macam jenis dan derajat kecerdasan untuk
manusia, hewan dan mesin.
Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat
komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik
oleh manusia. ( Rich and Knight, 1991)
Kecerdasan buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam
mempresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol-simbol
daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic
(Metode Heuristik adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan masalah
yang mengabaikan apakah solusi dapat dibuktikan benar, tapi yang
biasanya menghasilkan solusi yang baik atau memecahkan masalah yang
lebih sederhana yang mengandung atau memotong dengan pemecahan masalah
yang lebih kompleks.) atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.(
Encyclopedia Britannica)
Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau mengerti dari
pengalaman. Memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, menanggapi
dengan cepat dan baik atas situasi yang baru, menggunakan penalaran
dalam memecahkan masalah dan menyelesaikannya secara efektif (Winston
dan Pendergast, 1994)
Al dapat dipandang dalam berbagai perspektif.
Dari perspektif kecerdasan
Ai adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
Dari perspektif penelitian
Suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan manusia.
Domain yang sering dibahas oleh peneliti meliputi:
a) Mundane task
· Persepsi (Vision & Speech)
· Bahasa alami (Understanding, Generation, Translation)
· Pemikiran yang bersifat commonsense
· Robot control
b) Formal task
· Permainan/games
· Matematika (geometri, logika, kalkulus, integral, pembuktian)
c) Expert task
· Analisis financial
· Analisis medikal
· Analisis ilmu pengetahuan
· Rekayasa (desain, pencarian kegagalan,perencanaan manufaktur )
Dari perspektif bisnis
Ai adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan
metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan
masalah-masalah bisnis.
Dari perspektif pemrograman
Meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).
Dua bagian utama yang sangat dibutuhkan untuk melakukan aplikasi kecerdasan buatan, yaitu :
a) Basis Pengetahuan (Knowledge base), berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dan yang lainnya.
b) Motor inferensi (Inference engine), yaitu kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.
Konsep kecerdasan buatan
TIRING TEST – METODE PENGUJIAN KECERDASAN
* Turing Test – Metode Pengujian Kecerdasan yang dibuat oleh Alan Turing.
* Proses uji ini melibatkan penanya (manusia) dan dua objek yang
ditanyai. Yang satu adalah seorang manusia dan satunya adalah sebuah
mesin yang akan diuji.
* Penanya tidak bisa melihat langsung kepada objek yang ditanya.
* Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban computer dan mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua objek tersebut.
* Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin dan mana
jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang diuji tersebut
dapat diasumsikan “cerdas”.
PEMROSESAN SIMBOLIK
* komputer semula didesain untuk memproses bilangan/angka-angka.(pemrosesan numerik)
* Sementara manusia dalam berpikir dan menyelesaikan masalah lebih
bersifat simbolik, tidak didasarkan pada sejumlah rumus atau melakukan
komputasi matematis.
* Sifat penting dai AI adalah bahwa AI merupakan bagian dari ilmu
komputer yang melakukan proses secara simbolik dan non algoritmik dalam
penyelesaian masalah.
HEURISTIK
* Istilah Heuristic diambil dari bahasa yunani yang berarti menemukan.
* Heuristic merupakan suatu strategi untuk melakukan suatu pencarian
(search) ruang problema secara selektif, yang memandu proses pencarian
yang kita lakukan sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses
paling besar.
PENARIKAN KESIMPULAN (INFERENCING)
* AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning)
* Kemampuan berpikir (reasoning) termasuk didalamnya proses
penarikan kesimpulan (inferencing) berdasarkan fakta-fakta dan aturan
dengan menggunakan metode heuristic atau metode pencarian lainnya.
PENCOCOKAN POLA (PATTERN MATCHING)
AI bekerja dengan metode pencocokan pola (pattern matching) yang
berusaha untuk menjelaskan objek kejadian (events) atau proses dalam
hubungan logik atau komputasional.
Tujuan Kecerdasan Buatan
* Membuat computer lebih cerdas
* Mengerti tentang kecerdasan
* Membuat mesn lebih berguna
Keuntungan kecerdasan buatan disbanding kecerdasan alami:
* Lebih bersifat permanen
* Lebih mudah dipublikasi atau disebarkan
* Lebih murah dibandingkan kecerdasan alami
* Bersifat konsisten
* Dapat didokumentasikan
* Dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan alami.
Keuntungan kecerdasan alami disbanding AI:
* Kreatif
* Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara
AI harus mendapatkan masukan berupa symbol dan
representasi-representasi.
* Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas sebagai referensi
untuk pengambilan keputusan. Sebaliknya, AI menggunakan focus yang
sempit
SISTEM CERDAS YANG BANYAK DI KEMBANGKAN
·Sistem pakar ( Expert System)
yaitu program konsultasi (advisory) yang mencoba menirukan proses
penalaran seorang pakar/ahli dalam memecahkan masalah yang rumit. sistem
pakar merupakan aplikasi AI yang paling banyak.
· Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
Yang member kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan
komputer dalam bahasa mereka sendiri (bahasa manusia). Komunikasi dapat
dilakukan dengan percakapan alih-alih menggunakan perintah yang biasa
digunakan dalam bahasa komputer biasa.
· Bidang Pemrosesan Bahasa Alami di bagi lagi menjadi 2 bagian yaitu:
Pemahaman bahasa alami, yang mempelajari metode yang memungkinkan
komputer mengerti perintah yang diberikan dalam bahasa manusia biasa.
Dengan kata lain komputer dapat memahami manusia.
Pembangkitan bahasa alami, sering disebut juga sintesa suara. Yang
membuat komputer dapat membangkitkan bahasa manusia biasa sehingga
manusia dapat memahami komputer secara mudah.
· Pemahaman Ucapan/Suara (Speech/Voice Understanding)
Adalah teknik agar komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan.
Proses ini mengijinkan seseorang berkomunikasi dengan komputer dengan cara berbicara kepadanya.
Istilah pengenalan suara, mengandung arti bahwa tujuan utamanya
adalah mengenali kata yang diucapkan tanpa harus tahu apa artinya,
dimana bagian itu merupakan tugas pemahaman suara.
Secara umum prosesnya adalah usaha untuk menterjemahkan apa yang
diucapkan oleh seorang manusia menjadi kata-kata atau kalimat yang
dimengerti oleh komputer.
· Sistem Sensor dan Robotika
Sistem sensor seperti system visi dan pencitraan serta system pengolahan sinyal merupakan bagian dari robotika.
Sebuah robot yaitu, perangkat elektromagnetik yang diprogram untuk melakukan tugas manual, tidak semuanya merupakan bagian AI.
Robot hanya melakukan aksi yang telah diprogramkan dikatakan sebagai robot bodoh yang tidak lebih pintar dari lift.
Robot yang cerdas biasanya mempunyai perangkat sensor, seperti
kamera, yang mengumpulkan informasi mengenai operasi dan lingkungannya.
Kemudian bagian AI robot tersebut menterjemahkan informasi tadi dan
merespon serta beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan.
Tujuan dan Isi
Intelligent Systems merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan
rekayasa berurusan dengan cerdas adaptasi perilaku, dan pembelajaran di
mesin dan robot. sistem Intelligent prihatin dengan desain sistem
komputasi yang berfungsi dalam lingkungan yang berubah, tak terduga dan
biasanya tidak lengkap yang dikenal dengan menunjukkan kemampuan tingkat
tinggi. Tujuannya adalah untuk mengambil inspirasi dari alam, kinerja
manusia dan alat-alat pemecahan masalah matematis dalam rangka membangun
sistem yang kuat dapat mencapai tujuan yang kompleks dalam lingkungan
yang kompleks menggunakan sumber daya komputasi yang terbatas. sistem
Intelligent menggunakan konsep-konsep yang berasal dari ilmu saraf,
sistem alam, biologi, ilmu kognitif, teknik, sistem fisik dan dari
kecerdasan buatan dan teknik optimasi.
Mahasiswa lulus dari program ini mengembangkan kemampuan untuk
bekerja pada masalah yang kompleks dan dalam karir masa depan mereka
akan mampu menerapkan kompetensi mereka di bidang interdisipliner dengan
kemampuan analisis dan teknis ditingkatkan. Contohnya termasuk
perencanaan dan penjadwalan, kontrol, robotika, prakiraan bisnis,
mencari agen cerdas, video game, musik buatan, menjawab otomatis dan
diagnostik, dan tulisan tangan dan pengenalan suara.
Bahan kursus, perangkat lunak alat dan robot mencerminkan keadaan
terbaru dari seni dan kesempatan lebih lanjut untuk keterlibatan akan
timbul selama proses tesis dengan mungkin kesempatan untuk belajar untuk
PhD.
Program ini membentang lebih dari dua tahun (120 kredit ECTS) dan
terstruktur untuk memungkinkan para siswa untuk personalisasi kurikulum
studi mereka sesuai dengan kepentingan masing-masing. Biasanya, pada
semester pertama siswa menghadiri kelas dalam rangka memperoleh
pengetahuan dasar. Semester kedua dan ketiga yang didedikasikan untuk
mata kuliah inti dan pilihan. Siswa diminta untuk mengambil mata kuliah
inti yang menganggap topik tertentu cerdas sistem dan metodologi. Siswa
menyelesaikan kurikulum mereka dengan pilihan yang dapat dipilih di
antara program yang ditawarkan oleh ini dan lainnya USI program-program
terkait. Selama semester terakhir, siswa Guru menulis tesis mereka.
Pengajaran
Mengajar di Fakultas Informatika menekankan hubungan dekat antara
mahasiswa dan fakultas. Profesor yang mengejar penelitian tentang
berbagai topik dan peserta aktif dalam proyek penelitian Swiss dan
internasional dan jaringan. Mengunjungi profesor dari universitas
terkenal melengkapi pengajaran berkualitas. Semua kursus diajarkan dalam
bahasa Inggris.
Sistem cerdas dalam rekayasa Power
Intelligent Systems merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan
rekayasa berurusan dengan cerdas adaptasi perilaku, dan pembelajaran di
mesin dan robot. sistem Intelligent prihatin dengan desain sistem
komputasi yang berfungsi dalam lingkungan yang berubah, tak terduga dan
biasanya tidak lengkap yang dikenal dengan menunjukkan kemampuan tingkat
tinggi. Tujuannya adalah untuk mengambil inspirasi dari alam, kinerja
manusia dan alat-alat pemecahan masalah matematis dalam rangka membangun
sistem yang kuat dapat mencapai tujuan yang kompleks dalam lingkungan
yang kompleks menggunakan sumber daya komputasi yang terbatas. sistem
Intelligent menggunakan konsep-konsep yang berasal dari ilmu saraf,
sistem alam, biologi, ilmu kognitif, teknik, sistem fisik dan dari
kecerdasan buatan dan teknik optimasi.
program ini mengembangkan kemampuan untuk bekerja pada masalah yang
kompleks dan dalam karir masa depan mereka akan mampu menerapkan
kompetensi mereka di bidang interdisipliner dengan kemampuan analisis
dan teknis ditingkatkan. Contohnya termasuk perencanaan dan penjadwalan,
kontrol, robotika, prakiraan bisnis, mencari agen cerdas, video game,
musik buatan, menjawab otomatis dan diagnostik, dan tulisan tangan dan
pengenalan suara.
Bahan kursus, perangkat lunak alat dan robot mencerminkan keadaan
terbaru dari seni dan kesempatan lebih lanjut untuk keterlibatan akan
timbul selama proses tesis dengan mungkin kesempatan untuk belajar untuk
PhD.
Aplikasi dari Sistem Cerdas Membuat Robot Cerdas
Tahap-tahap pembuatan robot
Secara garis besar, tahapan pembuatan robot dapat dilihat pada gambar berikut:
Ada tiga tahapan pembuatan robot, yaitu:
1. Perencanaan, meliputi: pemilihan hardware dan design.
2. Pembuatan, meliputi pembuatan mekanik, elektonik, dan program.
3. Uji coba.
1. Tahap perencanan
Dalam tahap ini, kita merencanakan apa yang akan kita buat,
sederhananya, kita mau membuat robot yang seperti apa? berguna untuk
apa? Hal yang perlu ditentukan dalam tahap ini:
* Dimensi, yaitu panjang, lebar, tinggi, dan perkiraan berat dari robot.
* Struktur material, apakah dari alumunium, besi, kayu, plastik, dan sebagainya.
* Cara kerja robot, berisi bagian-bagian robot dan fungsi dari
bagian-bagian itu. Misalnya lengan, konveyor, lift, power supply.
* Sensor-sensor apa yang akan dipakai robot.
* Mekanisme, bagaimana sistem mekanik agar robot dapat menyelesaikan tugas.
* Metode pengontrolan, yaitu bagaimana robot dapat dikontrol dan
digerakkan, mikroprosesor yanga digunakan, dan blok diagram sistem.
* Strategi untuk memenangkan pertandingan, jika memang robot itu akan diikutkan lomba/kontes robot Indonesia/Internasional.
2. Tahap pembuatan
Ada tiga perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu
pembuatan mekanik, elektronik, dan programming. Masing-masing
membutuhkan orang dengan spesialisasi yang berbeda-beda, yaitu:
* Spesialis Mekanik, bidang ilmu yang cocok adalah teknik mesin dan teknik industri.
* Spesialis Elektronika, bidang ilmu yang cocok adalah teknik elektro.
* Spesialis Programming, bidang ilmu yang cocok adalah teknik informatika.
Jadi dalam sebuah tim robot, harus ada personil-personil yang memiliki kemampuan tertentu yang saling mengisi.
Pembuatan mekanik
Setelah gambaran garis besar bentuk robot dirancang, maka rangka
dapat mulai dibuat. Umumnya rangka robot terbuat dari alumunium kotak
atau alumunium siku. Satu ruas rangka terhubung satu sama lain dengan
keling alumunium. Keling adalah semacam paku alumunium yang berguna
untuk menempelkan lembaran logam dengan erat. R
Pembuatan sistem elektronika
Bagian sistem elektronika dirancang sesuai dengan fungsi yang
diinginkan. Misalnya untuk menggerakkan motor DC diperlukan h-brigde,
sedangkan untuk menggerakkan relay diperlukan saklar transistor.
Sensor-sensor yang akan digunakan dipelajari dan dipahami cara kerjanya,
misalnya:
1. Sensor jarak, bisa menggunakan SRF04, GP2D12, atau merakit sendiri modul sensor ultrasonik atau inframerah.
2. Sensor arah, bisa menggunakan sensor kompas CMPS03 atau Dinsmore.
3. Sensor suhu, bisa menggunakan LM35 atau sensor yang lain.
4. Sensor nyala api/panas, bisa menggunakan UVTron atau Thermopile.
5. Sensor line follower / line detector, bisa menggunakan led & photo transistor.
Berikut ini gambar sensor ultrasonik, inframerah, UVTron, dan kompas:
Pembuatan sistem elektronika ini meliputi tiga tahap:
* Design PCB, misalnya dengan program Altium DXP.
* Pencetakan PCB, bisa dengan Proboard.
* Perakitan dan pengujian rangkaian elektronika.
Pembuatan Software/Program
Pembuatan software dilakukan setelah alat siap untuk diuji. Software
ini ditanamkan (didownload) pada mikrokontroler sehingga robot dapat
berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.
Tahap pembuatan program ini meliputi:
1. Perancangan Algoritma atau alur program Untuk fungsi yang
sederhana, algoritma dapat dibuat langsung pada saat menulis program.
Untuk fungsi yang kompleks, algoritma dibuat dengan menggunakan flow
chart.
2. Penulisan Program Penulisan program dalam Bahasa C, Assembly, Basic, atau Bahasa yang paling dikuasai.
3. Compile dan download, yaitu mentransfer program yang kita tulis kepada robot.
3. Uji coba
Setelah kita mendownload program ke mikrokontroler (otak robot)
berarti kita siap melakukan tahapan terakhir dalam membuat robot, yaitu
uji coba. misalnya, ujicoba dilakukan pada arena seluas sekitar 4×4
meter dan berbentuk seperti puzzle. Dalam arena ini di diletakkan
lilin-lilin yang harus dipadamkan oleh robot cerdas pemadam api.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar